BUKU TAMU

Kamis, 14 Juni 2012

Membuat Pengingat Di Ms. Excell

Bagi Anda yang selalu mengiluti Blog ini,, ada Tips bagi anda tentang gimana cara membuat Pesan Pengingat pada MS-Excel.
Langsung saja yaa!!!
Biasanya,, karena terlalu padat dan sibuknya kegiatan kita,, terkadang kita lupa tentang sesuatu,, apakah itu janji dengan seseorang, tugas yang telah direncanakan, atau hal lain yang harus kita kerjakan selanjutnya.
Sekarang ada cara untuk membuat Pesan Pengingat melalui program MS-Excel yang dikerjakan dengan menggunakan Visual Basic Excel.
Gini Caranya……!!
1. Buka Document Excel-mu
2. Click Visual Basic Editor / ALT + F11.
3. Click Insert | Module
4. Ketik Code di bawah ini
Untuk Isi pesan
Sub Pesan()
MsgBox “Sudah Jam 10.30 Sholat Duha Dulu”End Sub
Untuk mengatur jam berapa tampilnnya Pesan tersebut.
Sub PanggilPesan()
Application.OnTime TimeValue(“10:30:00”), “Pesan”
End Sub

Anda bisa mengatur jam sesuai format yang anda inginkan contoh : 10:30:00 am, ingat hapus sebelum anda menutup Workbook codenya di VBA harus dihapus.
Atau jika anda ingin pesannya muncul pada tinggal code diganti dengan :
Application.OnTime DateValue(“Bulan/Tanggal/tahun Jam”), “Pesan”
Kalau memakai ini anda harus menyimpan sebagai Excel Macro-Enabled Workbook (xlsm).
Dan agar macro anda aktif tanpa harus ada peringatan maka anda harus menyiapkan Trusted Location,
caranya sebagai berikut :
1. Click Macro Security di Tab Developer
2. Click Trusted Location

3. Click Add New Location dan pilih Folder yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar